Kamis, 29 November 2012

Nama-nama lain Al-fatiha


·  Al-Fatihah (Pembukaan) berarti bahwa surah ini merupakan kunci pembuka seluruh pokok-pokok masalah al-Quran
·  Ash-Shalat (Shalat/Sembahyang) berarti bahwa surah ini merupakan doa yang lengkap lagi sempurna dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari sembahyangnya orang islam.
·  Al-Hamd (Puji-pujian) berarti bahwa surah ini menjelaskan tujuan agung kejadian manusia dan mengajarkan bahwa hubungan Tuhan dengan manusia adalah hubungan berdasarkan kemurahan dan kasih sayang.
·  Ummul Quran (Ibu Al-Quran) berarti bahwa surah ini merupakan intisari seluruh al-Quran yang dengan ringkas mengemukakan semua pengetahuan yang menyangkut perkembangan akhlak dan kerohanian manusia.
·  Al-Quranul Azhim (Al-Quran Agung) berarti bahwa meskipun surah ini terkenal sebagai ummul Kitab dan Ummul Quran, namun tetap merupakan bagian Kitab Suci itu dan bukan bagian terpisah dari al-Quran.
·  As-Sabul Matsani (Tujuh Ayat yang Diulang-ulang) berarti bahwa Ketujuh Ayat pendek Surah ini sungguh-sungguh memenuhi segala keperluan rohani manusia. Nama itu berarti pula bahwa surah ini harus diulang dalam tiap-tiap rakaat sembahyang.
·  Ummul Kitab (Ibu Kitab) berarti bahwa doa dalam surah ini menjadi sebab diwahyukannya ajaran al-Quran.
·  Asy-Syifa (Penyembuh) berarti bahwa surah ini memberi pengobatan terhadap segala keraguan dan syak yang biasa timbul dalam hati.
·  Ar-Ruqyah (Jimat atau Mantera) berarti bahwa Surah ini bukan hanya doa untuk menghindari penyakit tetapi juga memberikan perlindungan terhadap syaitan dan pengikut-pengikutnya, dan menguatkan hati manusia untuk melawan mereka.
·  Al-Kanz (Khazanah) berarti bahwa surah ini suatu khazanah ilmu yang tiada habis-habisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar